Senin, 18 April 2011

Change unrealistic to be realistic


Merubah tidak mungkin menjadi mungkin….

Anda punya mimpi? pastinya ada bukan. Namun mulai sekarang belajarlah untuk mempunyai mimpi yang unrealistic (mustahil). Mungkin sebagian besar orang mempunyai mimpi besar namun sesegera akan muncul ada batasan-batasan yang dia ciptakan sendiri. Akibatnya impian itu menjadi mengkerut dan kerdil. Suatu contoh, dia adalah karyawan biasa mempunyai gaji cuma 2 juta per bulan. Setiap perjalanan ke kantor sering melintas mobil-mobil mewah di depannya sehingga muncul impian dia untuk mempunyai mobil tersebut yang kisaran harganya 500 juta. Tapi makin dipikir kok makin mustahil ya impian itu, bagaimana bisa? wong gaji aja tiap bulan habis buat hidup, gerutunya. Akibatnya, ya sudahlah terima sajalah, mudah-mudahan bisa beli mobil. Syukur-syukur tipenya sama dengan mobil-mobil mewah yang sering dilihatnya.

Nah dari sini kita dapat melihat bahwa sebenarnya dia sudah dijalur benar bahwa mempunyai mimpi, artinya dia mempunyai motivasi untuk menjaga eksistensinya dalam hidup. Namun sekali lagi dia menciptakan batasan yang membuat dia demotivate. Batasan itu muncul karena perasaan. Perasaan mustahil, takut gagal, dianggap aneh, atau bahkan dianggap gila. Akhirnya apa yang terjadi, dia menjadi seorang negosiator dan mencoba menawar impiannya sendiri. Dia berpikir realistis, ya sudah beli mobil biasa-biasa saja, yang penting punya. Andai saja dia tetap fokus, saya yakin dia akan merubah sesuatu, paling tidak merubah dirinya sendiri.

Kita pasti mengenal sosok bapak Tirto Utomo, seorang pendiri usaha air minum Aqua. Awalnya dia banyak ditertawakan orang, wong air putih kok dijual apa laku? Sekarang, siapa yang tidak tahu dengan aqua. Bahkan inovasi ini banyak ditiru oleh orang lain, tapi tetap saja Aqua sudah menjadi brand terkenal, bahkan sebagian besar sahamnya dibeli oleh perusahaan asal perancis, Danone. Di luar negeri kita tahu sosok Masaru Ibuka, presiden kehormatan sony yang mencetuskan ide gila, membuat tape recorder yang mempunyai headphone ringan sehingga dapat dibawa kemana-mana. Nada pesimis baik dari lingkungan internal maupun eksternal nyaring mendengung. Bahkan anggaran peluncuran produk ini hanya 100.000 dollar AS, anggaran sangat kecil dibanding dengan dengan produk sony lain. Dan sekarang, kita lihat betapa manisnya buah dari ide itu. Bahkan dunia mengakui bahwa ide itu adalah salah ide paling inovatif dalam sejarah.

Sekarang giliran anda. Menciptakan suatu impian yang tidak mungkin buat orang lain, tapi buat anda semuanya mungkin. Rencanakan pencapaiannya dan lakukan segera. Anda akan melalui sebuah proses yang akan anda nikmati. Bersabarlah dan selalu konsisten. “Tidak penting berapa banyak anda mengalami kegagalan, yang sangat penting adalah berapa kali anda dapat bangkit dari keterpurukan“. Memang banyak orang akan menganggap ini hanyalah teori. Prakteknya akan ada banyak sekali hambatan. Tapi ingatlah teori ini sudah terbukti, telah dipakai dan melahirkan orang yang dapat merubah dunia.

Bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar